RAKYAT NEWS, PAPUA – Sekelompok anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan pembakaran gedung sekolah negeri Okbab di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, Senin (15/7/2024).

Kepala Operasi (Kaops) Damai Cartenz 2024, Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan para pelaku berjumlah lima orang. Dan diyakini sebagai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XXXV Bintang Timur.

“Dilakukan 5 orang anggota KKB,” katanya dalam keterangannya, dikutip dari detiksulsel.

Brigjen Faizal mengatakan lima pelaku itu masing-masing bernama Memokon, Jender Siktaop alias Usoki, Aquino Kaladana, Yuni Mimin dan Enos Kakyarmabin. Menurut Faizal, tidak ada korban jiwa dalam aksi keji yang berlangsung pada Jumat (12/7) tersebut.

“Kami sangat menyayangkan kejadian ini, di mana KKB membakar fasilitas pendidikan yang menjadi tempat masyarakat menimba ilmu,” kata Faizal.

“Tindakan ini tidak hanya merugikan anak-anak dan para guru, tetapi juga merusak masa depan generasi muda kita,” ujarnya.

Faizal mengaku insiden tersebut mencerminkan kejahatan luar bisa yang harus ditindak tegas. Aparat, kata Faizal, tengah memburu para pelaku.

“Kami tidak akan tinggal diam. Penegakan hukum secara tegas akan terus dilakukan untuk menjamin keamanan dan ketertiban di wilayah ini,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, aparat TNI menyelidiki dan mengejar para pelaku pembakaran gedung sekolah SMP Negeri Okbab.

“Aparat keamanan saat ini sedang mengejar gerombolan OPM yang membakar sekolah tersebut, karena usai membakar kemudian melarikan diri,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dalam keterangannya, Senin (15/7).