RAKYAT NEWS, INTAN JAYA – Komitmen Pemerintah Inta Jaya membangun derajat kesehatan terbukti dengan kembali menghadirkan 6 unit ultrasonografi (USG) Diagnostik pada ibu hamil di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Baca Juga: Pemkab Intan Jaya Kuliahkan 19 Putra Putri Terbaik di Poltekkes Kemenkes Bandung

Tak hanya menghadirkan 6 unit USG namun juga diberikan pelatihan intensif sehingga tenaga kesehatan mampu mengoperasikan alatnya dengan baik.

Pelatihan Intesnsif penggunaan alat USG Diagnostik untuk tenaga kesehatan
Pelatihan Intesnsif penggunaan alat USG Diagnostik untuk tenaga kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Intan Jaya Agustinus Bagau mengatakan kepemimpinan Apolos Bagau akan terus bekerja dan memaksimalkan layanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat termasuk ibu hamil.

“Komitmen Pj Bupati Intan Jaya terus membangun kesehatan masyarakat termasuk memberikan pelayanan terbaik,” katanya.

Agustinus berharap dengan menghadirkan USG mampu mediagnosis penyakit atau gangguan pada ibu hamil. Selain itu juga sebagai upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi serta penurunan prevalensi balita stunting.

“Kita berharap dengan adanya USG ini mampu mempermudah penegakan diagnosa penyakit dan meningkatkan pelayanan kesehatan,” Harap Agustinus Bagau, Kami (31/8/2023).

Baca Juga: Komitmen Bangun Kesehatan, Apolos Bagau : Waktunya Membangun Generasi Intan Jaya

Selain itu, dr. Tjondro Indarto, MPH mengatakan Kabupaten Intan Jaya telah mengadakan 6 unit yang dipasang 6 Puskesmas. Menurutnya USG mampu memberikan gambaran dan keadaan didalam perut.

“Bisa memeriksa obstetri kebidanan yang digunakan dalam ANC untuk trimester I, II, III
Kemudian dia bisa memeriksa Abdomen, hati, pembekakan, Hati mengalam perlempakan, hati yang mengalami perubahan, limpah dan berbagai kondisi lainnya,” katanya.